Advokasi

Peluncuran Repositori JPHIV dan Policy Lab

  • By Fikri Haidar
  • 14 December 2022
None

Penelitian HIV dan AIDS adalah sumber daya penting untuk membuat program dan kebijakan penanggulangan HIV di Indonesia berbasis bukti dan data empiris. Di sisi lain, penelitian tentang HIV dan AIDS tentang Indonesia tersebar luas dan terpencar di internet oleh beragam peneliti. Jika semua penelitian tersebut dikumpulkan dalam satu tempat yang dapat diakses dan didiskusikan bersama dengan jaringan peneliti, maka target 95-95-95 untuk menyelesaikan epidemi HIV/AIDS di Indonesia.

Dalam merayakan Hari AIDS Sedunia, PPH UAJ bersama UNAIDS Indonesia dalam Simposium U=U Jaringan Penelitian HIV Indonesia (JPHIV), meluncurkan repositori JPHIV dan Policy Lab sebagai pangkalan data penelitian dan ruang diskusi untuk peneliti HIV tentang Indonesia. 

Diluncurkan bersama Ignatius Praptoharjo dari PPH UAJ, Krittayawan Boonto selaku Manager UNAIDS Indonesia, Endang Lukitosari dari Kementerian Kesehatan RI, dan Meirinda Sebayang dari Jaringan Indonesia Positif pada tanggal 6 Desember 2022 di Gran Mahakam Hotel, Jakarta. 

Repositori JPHIV dan Policy Lab diharapkan menjadi tempat untuk para peneliti, komunitas pendamping, dan organisasi masyarakat menemukan artikel penelitian untuk pembaruan penelitian dan pengembangan program. Didukung dengan Community of Practice dari anggota yang tergabung, JPHIV menjadi ruang produktif untuk mendiskusikan artikel dalam repositori. 

Policy Lab menjadi ruang ‘laboraterium’ untuk anggota JPHIV menelusuri, mengevaluasi, dan menyusun kebijakan publik yang terkait dengan program penanggulangan HIV dan AIDS di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan kumpulan artikel penelitian dalam repositori dan Community of Practice yang produktif, Policy Lab menindaklanjuti diskusi-diskusi berbasis bukti dan data empiris menjadi produk kebijakan. Kehadiran ruang diskusi yang inklusif dan kolaboratif ini memberikan harapan untuk Indonesia mencapai target 95-95-95 pada 2030.


Simposium U=U JPHIV 2022 merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Nasional Jaringan Penelitian HIV Indonesia 2022. Tonton siaran ulang Simposium JPHIV di sini. 

Tonton siaran ulang Pernas JPHIV 2022 di sini.