Advokasi

Rekam Jejak Advokasi PPH UAJ Sepanjang Juli 2020

  • By Iman Abdurrakhman
  • 14 August 2020
None

Sepanjang bulan Juli 2020, staf advokasi Pusat Penelitian HIV AIDS UNIKA Atma Jaya (PPH UAJ) telah melakukan sejumlah kegiatan advokasi. Di antara rangkaian kegiatan-kegiatan advokasi tersebut, kali ini kami menyajikan dokumentasi rangkuman dari dua agenda penting yang rampung dilaksanakan. Selamat membaca!

 


Memasuki Tahun Kedua Penelitian KESWA: Audiensi Bersama Direktorat P2MKJN Dilaksanakan

Setahun telah berlalu sejak pertama kali PPH UAJ menginisiasi penelitian bertema Kesehatan Jiwa (keswa). Terlampauinya tahun pertama penelitian keswa menjadi gerbang dimulainya fase baru dalam proyek. Pada paruh kedua tahun 2020 ini, audiensi yang dilakukan dengan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza (P2MKJN) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menjadi lompatan awal tahun kedua penelitian keswa oleh PPH UAJ. Dilaksanakan secara daring pada Selasa pagi (21/07), audiensi ini dihadiri oleh 17 orang yang terdiri dari tim peneliti keswa PPH UAJ dan jajaran direktorat P2MKJN bertujuan untuk meminta dukungan dari Dit. P2MKJN terkait penelitian yang akan dilakukan oleh PPH.

Berdasarkan temuan, rekomendasi disampaikan kepada Kemenkes. Rekomendasi ini mencakup percepatan terbitnya aturan turunan Undang-undang Keswa -terutama terkait upaya promotif, preventif, dan rehabilitatif-, percepatan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM0 yang mumpuni, dan ketersediaan kebijakan opersional dalam bentuk petunjuk teknis (juknis) layanan keswa Puskesmas. Rekomendasi ini disambut baik oleh perwakilan Direktorat P2MKJN. Pihak Direktorat P2MKJN menyadari perlu adanya perbaikan dari segi kebijakan dan hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti merupakan masukan yang baik untuk menindaklanjuti aspek regulasi dan pelayanan dasar keswa.


Audiensi Advokasi Kebijakan Kesehatan Jiwa Bersama Dinkes RI

Terbatasnya kesempatan beratatap muka karena pandemi COVID-19 tak jadi halangan bagi PPH UAJ untuk melakukan kegiatan audiensi lanjutan dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta (Dinkes DKI) (28/07). Memaksimalkan pemanfaatan ruang pertemuan virtual via Zoom, PPH UAJ menyampaikan temuan hasil penelitian tinjauan kebijakan dan implementasi kebijakan layanan kesehatan jiwa (keswa) di Puskesmas pada perwakilan Dinkes DKI Jakarta dr. Endang Sri Wahyuningsih, M.K.M. (Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular, Kesehatan Jiwa, dan NAPZA). Selain penelitian terkait kesehatan jiwa tentang implementasi kebijakan layanan kesehatan jiwa di puskesmas, tim peneliti PPH UAJ juga menyampaikan rencana penelitian lain yang akan dilakukan. Penelitian tersebut antara lain, penguatan intervensi psikososial untuk meningkatkan penggunaan dan kepatuhan ARV bagi LSL dengan HIV positif di Indonesia; pedoman konseling gangguan penggunaan napza bagi petugas kesehatan; dan dampak covid-19 pada Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) di komunitas.

Mendengar pemaparan tim peneliti, Dinkes DKI Jakarta sangat menyambut baik rencana penelitian yang dilakukan. Dinkes DKI Jakarta turut mengatakan bahwa pihaknya  akan menindaklanjuti rekomendasi perihal pelibatan sejumlah Puskesmas dan tenaga kesehatan (nakes) terkait kepada Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) sehingga tidak diperlukan lagi audiensi bersama Sudinkes. Terkait penelitian lain yang disampaikan, Dinkes DKI Jakarta juga berkomitmen akan membantu mulai dari proses perijinan sampai pelibatan staf terkait di jajaran Dinkes DKI untuk turut aktif dalam penelitian.

Lebih jauh, untuk rencana penelitian keswa ke depannya, Dinkes DKI akan mengumpulkan perwakilan dari Sudinkes dan Puskesmas terpilih, dan mengikutsertakan tim PPH UAJ untuk diskusi lanjutan. Tujuan dilakukannya hal tersebut adalah agar Sudinkes dan Puskesmas terkait mengetahui gambaran rencana penelitian dan memahami langkah yang perlu dipersiapkan. Dinkes DKI Jakarta juga mengharapkan kelak hasil penelitian dapat direplikasikan ke puskesmas selain yang menjadi lokasi penelitian.