Peningkatan Kapasitas

Workshop: HIV365 Media yang berpihak pada anak HIV?

  • Waktu: Aug. 26, 2019, noon - Aug. 26, 2019, 4 p.m.
  • Ruang Y1408, Gedung Yustinus lt. 14, Kampus Semanggi UAJ

Penyebaran informasi yang tepat tentang HIV seharusnya dilakukan sesering dan seluas mungkin. Tidak terbatas pada orang-orang yang mungkin akan berhubungan atau berhadapan dengan orang dengan HIV tapi juga kepada masyarakat umum. Penyebaran informasi ini penting untuk menurunkan kemungkinan terjadinya stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV, termasuk anak. Penyebaran informasi tentang HIV, tidak harus dilakukan oleh pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak diisu HIV saja, tetapi juga oleh media.

Media memiliki peran yang besar dalam mempengaruhi pemahaman masyarakat tentang HIV. Ada kalanya, dalam peliputan dan pemberitaan terkait isu HIV, media justru ikut menyuburkan stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV. Hal ini mungkin saja terjadi karena pengetahuan awak media tentang HIV terbatas. Selain itu, penggunaan istilah-istilah dalam pemberitaan juga menambah efek negatif pada orang dengan HIV. Namun, tak semua media melakukan hal yang sama. Ada media-media yang secara berkala memperkaya awak medianya dengan informasi terbaru tentang isu-isu yang sedang berlangsung.

Lentera Anak Pelangi (LAP), sebagai sebuah program yang mendampingi anak dengan HIV di Jakarta, memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan informasi yang benar tentang anak dengan HIV dalam rangka mengurangi stigma dan diskriminasi di tengah masyarakat . Melalui kampanye HIV365, LAP ingin mengajak sebanyak mungkin orang untuk peduli kepada anak dengan HIV, tidak hanya pada tanggal 1 Desember (Hari AIDS Sedunia) saja, tapi pada 365 hari dalam setahun.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya informasi awak media tentang HIV khususnya pada anak. Kegiatan ini akan menjadi awal rangkaian edukasi media yang akan dilakukan oleh Pusat Penelitian HIV AIDS UAJ melalui Lentera Anak Pelangi.

Related News


Workshop: Pelatihan Konseling Dasar Untuk Mendampingi ODHA
waktu : Dec. 2, 2019, 10 a.m.-Dec. 2, 2019, 4 p.m.

Workshop: Pengantar Analisis dan Visualisasi Data menggunakan Excel
waktu : March 27, 2019, 9 a.m.-March 27, 2019, 9 a.m.

Workshop: Melakukan Survei Menggunakan KoboToolbox
waktu : June 25, 2019, 10 a.m.-June 25, 2019, 3 p.m.

Workshop: Pembekalan Harm Reduction untuk Calon Psikolog
waktu : July 15, 2019, 9 a.m.-July 19, 2019, 4 p.m.

Workshop: HIV365 Media yang berpihak pada anak HIV?
waktu : Aug. 26, 2019, noon-Aug. 26, 2019, 4 p.m.