Peningkatan Kapasitas

Workshop: Melakukan Survei Menggunakan KoboToolbox

  • Waktu: June 25, 2019, 10 a.m. - June 25, 2019, 3 p.m.
  • Ruang Seminar K2.202, Gedung K2 lt. 2, Kampus Semanggi UAJ

Di era digital seperti saat ini, bentuk pengambilan data mulai beralih dari paper and pencil ke bentuk digital yang dapat diakses secara online. Sejumlah platform pengambilan data seperti google form, microsoft form, survey monkey, lime survey, dll telah banyak digunakan oleh berbagai kelompok masyarakat untuk beragam kebutuhan. Meskipun demikian, akses internet seringkali menjadi potensi hambatan, khususnya jika pengambilan data dilakukan di daerah dengan sinyal yang kurang baik atau pengambilan data dilakukan kepada kelompok masyrakat yang tidak memiliki akses internet.

KoBoToolbox merupakan salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pengambilan data secara luring (offline). Tidak hanya saat pengambilan data, penyusunan item pertanyaan juga dapat dilakukan secara luring dengan menggunakan excel spreadsheet. Keunggulan ini tentu tidak mengabaikan kebutuhan user di dalam pengambilan data. KoboToolbox juga dilengkapi dengan format pertanyaan yang variatif dan setiap fitur di dalamnya dapat diakses secara gratis.

KoBoToolbox telah digunakan oleh banyak organisasi dan peneliti di berbagai belahan dunia untuk beragam kebutuhan. Oleh karena itu, Pusat Penelitian HIV AIDS UNIKA Atma Jaya merasa perlu untuk membagikan informasi dan keterampilan mengenai penggunaan KoBoToolbox kepada masyarakat luas, khususnya kepada mahasiswa, peneliti, pertugas kemanusiaan yang pada umumnya memiliki kebutuhan untuk melakukan pengambilan data lapangan.
Modul ini disusun sesuai dengan tahapan di dalam pengambilan data, yaitu:

1. Membuat Form Pertanyaan
Pada bagian ini peserta akan diberikan penjelasan mengenai cara menyusun item-item pertanyaan secara luring (offline) menggunakan Excel Spreadsheet, termasuk pengenalan terhadap bebagai jenis format pertanyaan dan pengaturan skip logic.

2. Impor Form Pertanyaan
Pada bagian ini peserta akan dijelaskan cara mengimpor Excel Spreadsheet ke dalam KoboToolbix untuk diubah menjadi kuesioner bentuk digital.

3. Pengambilan Data
Pada bagian ini peserta akan dijelaskan cara pengambilan data secara luring (offline) menggunakan aplikasi KoBoCollect yang dapat diunduh di google play.

4. Ekspor Respon
Sebagai tahapan terakhir, peserta akan dijelaskan cara memperoleh respon jawaban yang dapat dilihat langsung secara online atau diunduh ke berbagai csv, excel, dan SPSS.

Tingkat pembahasan di modul ini adalah tingkat dasar (basic), sehingga tidak semua aspek dari KoboToolbox terbahas di modul ini.

Related News


Workshop: Pelatihan Konseling Dasar Untuk Mendampingi ODHA
waktu : Dec. 2, 2019, 10 a.m.-Dec. 2, 2019, 4 p.m.

Workshop: Pengantar Analisis dan Visualisasi Data menggunakan Excel
waktu : March 27, 2019, 9 a.m.-March 27, 2019, 9 a.m.

Workshop: Melakukan Survei Menggunakan KoboToolbox
waktu : June 25, 2019, 10 a.m.-June 25, 2019, 3 p.m.

Workshop: Pembekalan Harm Reduction untuk Calon Psikolog
waktu : July 15, 2019, 9 a.m.-July 19, 2019, 4 p.m.

Workshop: HIV365 Media yang berpihak pada anak HIV?
waktu : Aug. 26, 2019, noon-Aug. 26, 2019, 4 p.m.