Peningkatan Kapasitas

Workshop: Pembekalan Harm Reduction untuk Calon Psikolog

  • Waktu: July 15, 2019, 9 a.m. - July 19, 2019, 4 p.m.
  • Ruang C801-802, Gedung C lt. 8, Kampus Semanggi UAJ

HIV/AIDS sudah menjadi persoalan Nasional, baik karena aspek kesehatan yang melingkupinya, maupun karena dampak sosial dan ekonomi yang menyertainya. Pengetahuan dan informasi mengenai HIV/AIDS serta permasalahan yang mengiringinya, masih belum tersosialisasi dengan baik. Masih banyak masyarakat yang memiliki pemahaman yang salah mengenai isu ini yang mengakibatkan masih kuatnya stigma dan diskriminasi terhadap orang yang terinfeksi. Program pengurangan dampak buruk napza suntik atau yang lebih dikenal dengan nama Harm Reduction (HR), sebagai salah satu program dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS pada pengguna napza suntik (Penasun), sudah dikembangkan sejak tahun 2003 di Indonesia. Sampai saat ini, program ini cukup efektif dalam usaha menekan laju epidemi HIV, namun berbagai praktek diskriminasi dan stigma masih terjadi pada orang yang terinfeksi, terutama pada kelompok pengguna napza suntik. Pengetahuan dan informasi yang belum terdistribusi dengan baik menjadi salah satu penyebab masih terjadinya situasi ini.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) melalui KIOS Informasi kesehatan merupakan salah satu perintis dalam pengembangan program Harm Reduction dan berbagai upaya penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia dan sejak awal 2008 Pusat Penelitian HIV/AIDS Atma Jaya (PPH) juga terlibat aktif dalam usaha pembangunan kapasitas penelitian di bidang HIV/AIDS. Sesuai dengan tujuannya yaitu melakukan diseminasi ilmu pengetahuan terkait isu HIV/AIDS, khususnya yang berhubungan dengan kebijakan, program intervensi dan pengembangan sumber daya manusia, PPH bertanggung jawab untuk
menyampaikan pengetahuan dan informasi yang benar kepada masyarakat, khususnya civitas akademika, baik di lingkungan UAJ sendiri maupun di lingkup yang lebih luas. Mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademika sekaligus kelompok masyarakat sipil tentu diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan dan pengelolaan program-program penanggulangan HIV/AIDS ke depan.

Oleh karena itu, PPH mengembangkan sebuah program pelatihan HR yang diperuntukkan bagi Mahasiswa Magister Profesi Psikologi Unika Atma Jaya. Program ini sudah dilakukan sejak tahun 2009 dengan harapan melalui program ini dapat memperluas wawasan, meningkatkan pengetahuan juga kesadaran mahasiswa sebagai langkah pertama penglibatan kelompok mahasiswa dalam pengembangan dan pengelolaan program penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia.

Related News


Workshop: Pelatihan Konseling Dasar Untuk Mendampingi ODHA
waktu : Dec. 2, 2019, 10 a.m.-Dec. 2, 2019, 4 p.m.

Workshop: Pengantar Analisis dan Visualisasi Data menggunakan Excel
waktu : March 27, 2019, 9 a.m.-March 27, 2019, 9 a.m.

Workshop: Melakukan Survei Menggunakan KoboToolbox
waktu : June 25, 2019, 10 a.m.-June 25, 2019, 3 p.m.

Workshop: Pembekalan Harm Reduction untuk Calon Psikolog
waktu : July 15, 2019, 9 a.m.-July 19, 2019, 4 p.m.

Workshop: HIV365 Media yang berpihak pada anak HIV?
waktu : Aug. 26, 2019, noon-Aug. 26, 2019, 4 p.m.