Peningkatan Kapasitas / Lainnya

FDIN "Dampak Epidemi Covid-19 terhadap Anak"

  • by PPH UAJ
  • 01 February 2021

COVID-19, epidemi yang sejak 9 bulan lalu melanda hampir seluruh dunia termasuk Indonesia, sampai saat ini masih saja belum ada tanda-tanda bahwa penularannya dapat dikendalikan. Berbagai persoalan dan tantangan muncul sebagai dampak dari pandemi Covid-19 ini, seperti persoalan sosial, ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Persoalan dan tantangan tidak hanya dihadapi oleh orang dewasa, namun pandemi Covid-19 juga memberikan pengaruh yang besar terhadap anak-anak. Walaupun risiko anak-anak yang terinfeksi virus corona tidak sebesar pada orang dewasa, namun penularan pada anak tetap merupakan hal yang perlu diwaspadai. Tentunya tidak hanya ketakutan akan tertular virus corona saja dampak dari pandemi ini terhadap anak.

Dengan kondisi kesehatan yang baik ataupun dengan kondisi ekonomi yang cukup saja, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi anak-anak, apalagi pada anak-anak dengan kondisi kesehatan yang terganggu dan kondisi ekonomi dan keluarga yang kurang beruntung. Anak-anak yang terinfeksi HIV, anak jalanan dan anak yang rentan terhadap risiko prostitusi mengalami dampak yang lebih sulit selama pandemi ini. 

Berangkat dari berbagai kondisi dan tantangan di atas, untuk memperoleh gambaran yang lebih menyeluruh mengenai dampak pandemi terhadap anak-anak dengan kondisi khusus tersebut, maka Pusat Penelitian HIV (PPH) UNIKA Atma Jaya akan mengadakan kegiatan Forum Diskusi Ilmiah Nasional dengan tajuk “Dampak Pandemi terhadap Anak dengan Kondisi Khusus”. Melalui diskusi ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai permasalahan yang timbul akibat pandemi ini, khususnya terhadap anak dengan kondisi khusus.

Silakan pilih (klik) simbol unduh (download) pada bagian bawah artikel ini untuk mendapatkan pemaparan materi. Isi formulir pengunduhan dan file akan terunduh SECARA OTOMATIS.