Peningkatan Kapasitas / Lainnya

Forum Diskusi Ilmiah Nasioanal "Strategi Inklusi untuk Komunitas dengan Kondisi Kesehatan Terstigma: HIV, Kusta dan Skizofrenia"

  • 10 December 2020

Kusta atau Lepra, HIV/AIDS dan Skizofrenia merupakan tiga kondisi kesehatan yang sangat erat hubungannya dengan stigma. Perbedaanya adalah bahwa dalam hal Kusta dan Skizophrenia, imajinasi publik atas konsekuensi dari kondisi sakit itu yang menakutkan dan menyebabkan orang menjauh dengan seribusatu cara. Sedangkan untuk orang dengan HIV, stigma dan perlakuan diskriminasi seringkali disebabkan karena pandangan terhadap perilaku seseorang yang berisiko untuk tertular HIV, yang berhubungan dengan norma-norma di masyarakat, seperti pekerja seks, homoseksual/LGBT, dan pecandu narkotika suntik. Stigma yang mereka alami tentu saja akan membawa pengaruh buruk terhadap motivasi dan akses kepada treatment yang akan dijalani. Dapat dipahami bahwa yang menyebabkan terpuruknya seseorang karena kondisi penyakit tertentu bukan karena penyebab penyakit itu tetapi justru reaksi dari orang-orang di sekitar orang yang sakit.

Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka mengatasi atau mengurangi stigma, namun kelompok dengan kondisi kesehatan tertentu masih saja dihantui oleh stigma baik pada dirinya sendiri maupun pada keluarga ataupun orang terdekat mereka. Untuk membahas lebih lanjut mengenai kondisi yang dialami oleh kelompok orang dengan kondisi kesehatan terstigma tersebut, Pusat Penelitian HIV (PPH) UNIKA Atma Jaya akan mengadakan kegiatan ForDiskusi Ilmiah Nasional dengan tajuk “Strategi Inklusi pada Kelompok dengan Kondisi Kesehatan Terstigma”.

 

Silakan pilih (klik) simbol unduh (download) pada bagian bawah artikel ini untuk mendapatkan pemaparan materi dari Forum Diskusi Ilmiah Nasional  bertajuk “Tantangan dan Peluang Akses Kesehatan Jiwa di Indonesia”. Isi formulir pengunduhan dan file akan terunduh SECARA OTOMATIS.