HIV AIDS

Forum Diskusi Ilmiah Nasional: Pengaruh COVID-19 terhadap Epidemi HIV di Indonesia

  • by PPH UAJ
  • 04 September 2020

Program penanggulangan HIV merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemi COVID-19. Pasalnya, berdasarkan survei yang telah dilakukan WHO semasa pandemi, terdapat 73 negara berisiko kehabisan stok obat ARV dan 24 negara mengalami persediaan ARV yang sangat minim. Kelangkaan stok ARV juga terjadi di Indonesia, berdasarkan survei UNAIDS 47.6% dari 1000 responden ODHA hanya memiliki stok obat periode kurang dari satu bulan. Belum lagi permasalahan sulitnya mengakses layanan kesehatan di tengah pandemi bagi ODHA dan kekhawatiran penularan COVID-19 yang semakin memperparah kerumitan masalah.

Berangkat dari latar belakang tersebut, Pusat Penelitian HIV AIDS– Pusat Unggulan Kebijakan Kesehatan dan Inovasi Sosial UNIKA Atma Jaya (PPH-PUK2IS) menyelenggarakan Forum Diskusi Ilmiah Nasioanal ini dengan tujuan untuk memperoleh gambaran menyeluruh terkait pengaruh kondisi pandem COVID-19 ini terhadap epidemi HIV di Indonesia.

Silakan pilih (klik) simbol unduh (download) pada bagian bawah artikel ini untuk mendapatkan pemaparan materi dari Forum Diskusi Ilmiah Nasional  bertajuk “Pengaruh COVID-19 terhadap Epidemi HIV di Indonesia”. Isi formulir pengunduhan dan file akan terunduh SECARA OTOMATIS.