Peningkatan Kapasitas / Lecture Series

Lecture Series "Sirkumsisi Medis Sukarela bagi Pria untuk Pencegahan HIV secara Global"

  • by PPH UAJ
  • 15 February 2021

Angka penularan HIV masih mengalami peningkatan baik di Indonesia maupun secara global. Banyak upaya yang telah dilakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran HIV, antara lain promosi perilaku seksual yang aman, penggunaan kondom, upaya mencari pengobatan serta penggunaan PREP. Salah satu upaya pencegahan yang juga mulai direkomendasikan adalah sirkumsisi pada laki-laki.  Sirkumsisi atau di Indonesia lebih dikenal dengan sunat atau khitan, memang tidak diwajibkan secara medis, namun dapat dilakukan karena berbagai alasan, seperti karena keyakinan/agama, tradisi budaya dan untuk alasan kesehatan. Pada tahun 1999, Akademi Pediatri Amerika menyatakan bahwa sirkumsisi yang dilakukan pada bayi baru lahir dapat mencegah infeksi saluran kemih berat, kanker pnis, infeksi HIV, dan beberapa keuntungan lainnya. WHO dan UNAIDS juga menganjurkan sirkumsisi pada laki-laki sebagai upaya pencegahan penularan HIV. 

Untuk memperoleh gambaran menyeluruh terkait bagaimana sirkumsisi pada laki-laki dapat mengurangi risiko penularan HIV serta manfaat lainnya, PUI-PT Pusat Penelitian HIV AIDS UNIKA Atma Jaya menyelenggarakan Lecture Series bertajuk “Sirkumsisi Medis pada Pria untuk Pencegahan HIV secara Global dan Rencana Contoh Model Intervensi di Papua”. 

Silakan pilih (klik) simbol unduh (download) pada bagian bawah artikel ini untuk mendapatkan pemaparan materi. Isi formulir pengunduhan dan file akan terunduh SECARA OTOMATIS.