Peningkatan Kapasitas

Belajar Analisis dan Visualisasi Data Menggunakan Excel di “Workshop Excel” PUI-PT PPH PUK2IS UAJ

  • By Armadina Az Zahra
  • 07 September 2021
Foto. Dok Kegiatan

Mengolah dan menganalisa data bukan perkara mudah. Banyaknya variabel data yang dimiliki sering membuat bingung dan bertanya-tanya, data mana yang paling tepat untuk dipakai? Lalu, belum selesai dengan pertanyaan itu, kebingungan sangat mungkin berlanjut terkait cara mengolah data-data itu. Pasalnya, tentu kita ingin agar data-data yang kita miliki dapat muncul dalam tampilan atau visualisasi yang mudah dimengerti, dan lebih bagus lagi kalau enak dilihat ketika disajikan. Sebenarnya, ada cukup banyak perangkat lunak (software) untuk pengolahan data, misalnya SPSS, STATA, Minitab, SAS, dan lain sebagainya. Namun, terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh tiap software, sebagaian besar software seperti contoh yang sudah disebutkan mempunyai harga beli lisensi yang cukup mahal. Latar belakang tersebut membuat PUI-PT PPH PUK2IS Unika Atma Jaya merancang dan melaksanakan seri pelatihan pengolahan data dengan menggunakan Excel.

Berbicara tentang Microsoft Excel, siapa yang tidak kenal dengan program satu ini? Si program aplikasi dalam Microsoft Office yang biasa digunakan dalam pengolahan angka. Meskipun Excel lebih jamak dikenal dalam pencatatan dan pembuatan laporan keuangan, tetapi ternyata ada banyak fungsi lain untuk pengolahan data. Dengan Excel kita dapat membuat rangkuman data, analisis data, eksplorasi data, dan mempresentasikannya dalam bentuk visual yang menarik. Selain itu, Excel membawa keuntungan, yakni hampir semua orang yang bekerja dengan komputer mempunyai aplikasi ini dalam komputer atau laptopnya dan sebagian besar juga sudah familier dengan Excel. Jadi, tidak heran bila ketika workshop Excel ini diluncurkan, PUI-PT PPH PUK2IS UAJ segera menerima antusiasme baik dari rekan-rekan jejaring maupun dari Sobat Peduli PPH.

Workshop Excel dari PUI-PT PPH PUK2IS UAJ berlangsung sepanjang bulan Agustus dan dibagi ke dalam 5 sesi di 5 hari yang berbeda. Secara garis besar 5 sesi itu dibagi lagi atas 2 kategori series yaitu Series 101 yang fokus membahas tentang formula dasar untuk analisis data, dan Series 102 dengan sasaran pendalaman mengenai PivotTable untuk analisis data dan penyajian data dalam bentuk visual. Dua sesi yang terdapat di Series 101 adalah “Sesi 101A: Logical Function, Descriptive, Statistic Function, dan Excel Table” yang dilaksanakan pada 10 Agustus 2021, dan “Sesi 101B: Lookup Function” di 12 Agustus 2021. Sementara itu, Series 102 terdiri atas 3 sesi sebagai berikut: “Sesi 102A: PivotTable” yang mengambil waktu di 18 Agustus 2021, “Sesi 102B: Data Visualization” pada 24 Agustus 2021, dan “Sesi 102C: Dashboard and Reporting” sebagai penutup rangkaian workshop di 26 Agustus 2021. Sementara itu, pemateri utama dalam workshop ini adalah Happy Kurniawan, ST. MBA, seorang profesional yang telah memiliki pengalaman dalam industri yang berkaitan dengan knowledge management, performance and cost analyst selama lebih kurang 15 tahun.

Sebelum mengikuti workshop, para peserta dikenakan biaya Rp 750.000; jika ia mengikuti seluruh sesi, namun tiap harinya ada juga peserta yang hanya mengikuti sesi-sesi tertentu secara terpisah dengan biaya mulai dari Rp 150.000; - Rp 250.000; per-sesi. Biaya ini sudah termasuk lembar materi, sertifikat, dan akses rekaman pada sesi workshop yang diikuti. Guna menjaga situasi kelas online yang kondusif dan ekslusif jumlah peserta dibatasi maksimal 20 orang. Metode pembelajaran di workshop Excel diformulasikan sedimikian rupa dengan mengkombinasikan suasana belajar yang interaktif dan aplikatif. Peserta tidak hanya mendengarkan penjelasan teknis sepanjang sesi workshop, tetapi juga langsung mempraktikannya pada lembar kerja Excel dengan bimbingan langsung dari pemateri.