Peningkatan Kapasitas

Mempraktikan Lotus Chi Kung di Weekday for Healing Bersama Prof. Irwanto

  • By Armadina Az Zahra
  • 01 May 2021
Foto. Dok Kegiatan

Kegiatan Weekday for Healing (WfH) kembali dilaksanakan secara virtual pada Kamis sore (22/04). Diampu oleh Prof. Irwanto, Ph.D, WfH kali ini berfokus pada penerapan latihan gerakan pernapasan Lotus Chi Kung. Lotus Chi Kung sendiri merupakan sistem penyembuhan berbasis olah tubuh yang menggabungkan gerakan postur tubuh dan pengaturan pernapasan. Praktik Lotus Chi Kung menawarkan cara sederhana dan efektif untuk mengembangkan kejernihan pikiran, energi, dan kesadaran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selama kurang lebih satu jam, para peserta diajak untuk melakukan gerakan seumpama bunga teratai yang sedang mengembang dengan lima kali langkah gerakan utama yang dilakukan berulang. Di dalam gerakan Lotus Chi Kung terdapat empat komponen utama yang penting untuk diperhatikan. Komponen pertama adalah gerakan itu sendiri. Sebagai hal yang paling mendasar, gerakan bunga teratai dalam Lotus Chi Kung harus mengalir seperti bunga yang sedang berkembang dan tidak berhenti dalam membentuk suatu lingkaran. Gerakan tersebut disertai dengan pengaturan napas, oleh sebab itu pernapasan menjadi komponen kedua. Sifat pengaturan pernapasan ini adalah penerimaan, peserta diminta untuk membayangkan sedang menerima pancaran energi matahari di pagi hari.

Komponen selanjutnya dalam Lotus Chi Kung ialah emotional content. Dalam Chi Kung, emotional content memiliki peranan penting karena mengendalikan proses relaksasi dan melatih mindfulness. Memberikan perhatian penuh pada komponen emotional content diharapkan mampu membangkitkan memori-memori positif yang membuat perasaan menjadi bahagia dan relaks. Khusus untuk komponen emotional content, Prof. Irwanto mengatakan, “Menghadirkan memori positif sering kali tidak semudah saat kita membicarakannya, terutama untuk teman-teman yang stuck secara emosional. Mereka yang sedang melakukan self-healing juga sering sulit untuk menghadirkan memori yang membahagiakan karena mungkin bahkan bersama keluarga mereka sendiri, mereka lupa kapan terakhir merasa senang atau bahagia. Tetapi, tidak apa-apa, jangan berkecil hati, pelan-pelan saja Anda mencoba untuk menghadirkan itu.”

Setelah emotional content, komponen terakhir yang perlu diingat dalam Lotus Chi Kung adalah maksud atau tujuan dari latihan gerakan itu sendiri yaitu untuk menyerap dan menghadirkan energi positif. Aliran energi positif yang dihasilkan dari gerakan Lotus Chi Kung ini yang dinamakan “Chi”.

Sobat peduli dan rekan-rekan PUI-PT PPH PUK2IS UAJ yang belum sempat mengikuti langsung sesi WfH bersama Prof. Irwanto, Ph.D bisa menyaksikan rekamannya pada kanal YouTube “Pusat Penelitian HIV AIDS UNIKA Atma Jaya” dan mempraktikannya secara mandiri. Silakan klik link di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=vZm2xZF-0RU