Advokasi

Sayembara Photo Story: “Cerita Jiwa: Kisah Tentang Kesehatan Jiwa, HIV AIDS, dan Kita”

  • By PPH UAJ
  • 30 September 2020
Sayembara Photo Story HKJS 2020

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia akan diperingati pada tanggal 10 Oktober mendatang. Momen ini merupakan kesempatan emas untuk menyuarakan dukungan terhadap mereka yang tengah berjuang dengan isu kesehatan jiwa agar mendapatkan kesetaraan perihal akses terhadap layanan kesehatan jiwa berkualitas. Kesetaraan terhadap layanan kesehatan jiwa merupakan salah satu konsentrasi isu Pusat Penelitian HIV AIDS Atma Jaya (PPH) pada peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020. Dengan pengalaman bergelut di isu HIV AIDS, kesehatan, dan kelompok yang terpinggirkan selama lebih dari satu dekade, PPH tidak menutup mata akan kasus-kasus stigma dan diskriminasi yang dialami oleh populasi kunci dan ODHA yang mengalami permasalahan kesehatan jiwa, atau bahkan stigma dan diskriminasilah yang menjadi penyebab munculnya permasalahan kesehatan jiwa. Oleh karena itu,  dalam peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020, PPH ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat saling bahu membahu dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesetaraan akses kesehatan jiwa bagi populasi kunci dan ODHA.

Untuk upaya ini kami menyelenggarakan Sayembara Cerita Foto (Photo Story) bertajuk “Cerita Jiwa: Kisah Tentang Kesehatan Jiwa, HIV AIDS, dan Kita” yang diperuntukkan bagi masyarakat umum, termasuk Sobat Peduli, teman-teman ODHA, dan semua orang yang memiliki kepedulian terhadap isu kesehatan jiwa di Indonesia.

Sayembara Photo Story ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2020. PPH juga akan menyelenggarakan dua mata acara lain yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan jiwa. Kedua mata acara tersebut adalah sesi relaksasi bersama PPH dan Diskusi Ilmiah Nasional tentang Tantangan dan Peluang Akses Kesehatan Jiwa di Indonesia. Dua kegiatan tersebut akan berlangsung dalam rentang waktu yang berdekatan dengan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2020 mendatang.

Simak detail teknis pelaksanaannya di bawah ini:

Persyaratan Peserta:

Peserta berusia minimal 18 tahun

Ketentuan Sayembara Foto

  1. Foto & tulisan narasi foto harus mempunyai irisan isu kesehatan jiwa dan HIV AIDS di Indonesia. Isu HIV AIDS yang menjadi irisan dalam tema sayembara ini, dapat terkait dengan populasi kunci, ODHA, stigma dan diskriminasi yang dihadapi dalam isu HIV AIDS serta permasalahan akses layanan kesehatan jiwa dan lain sebagainya.
  2. Foto & narasi foto merupakan karya asli peserta yang belum pernah dipublikasikan dan/atau tidak memiliki sangkutan hak cipta oleh pihak selain peserta
  3. Narasi foto boleh berupa:
    a. Cerita pengalaman pribadi
    b. Opini terhadap tema sayembara
    c. Berupa artikel ringan
  4. Narasi foto BUKAN FIKSI
  5. Bahasa/kata/diksi yang digunakan dalam narasi foto dibebaskan walau dengan bahasa anak muda, kutipan bahasa Inggris, dan sisipan istilah serapan sekalipun selama tidak kehilangan makna dan dapat dipahami secara umum
  6. Submisi Photo Story dapat hanya berupa satu foto atau rangkaian foto yang menunjukkan suatu cerita yang utuh
  7. Panjangnya narasi foto minimal 125 kata dan maksimal 300 kata
  8. Karya cerita foto (Photo Story) dikirimkan melalui email development-pph@atmajaya.ac.id dan armadinaaz@gmail.com dengan format subjek email: Sayembara Photo Story HKJS 2020
  9. Pada badan email dituliskan: nama lengkap, nomor kontak WhatsApp, ID Instagram, dan asal institusi/organisasi (bila ada)
  10. Pengiriman karya paling lambat tanggal 8 OKTOBER 2020 PUKUL 17.00 WIB
  11. PPH berhak untuk menyebarluaskan/mengunggah kembali karya Photo Story peserta untuk kepentingan promosi dan edukasi
  12. PPH berhak untuk mendiskualifikasi peserta jika diketahui menggunakan karya foto maupun narasi foto yang bukan milik peserta sendiri (tidak asli karya peserta/melakukan plagiarism)

Penilaian Pemenang

  1. Penilaian pemenang sayembara akan dilakukan berdasarkan jumlah like terbanyak pada karya Photo Story peserta yang akan diunggah pada akun Instagram @pphatmajaya secara serentak pada tanggal 9 Oktober 2020.
  2. Periode penilaian jumlah like dan comment Photo Story berlangsung mulai tanggal 9 Oktober 2020 – 14 Oktober 2020 pukul 17.00 WIB
  3. Pemenang dari sayembara akan diumumkan pada instagram @pphatmajaya dan website https://pphatmajaya.ac.id serta akan dihubungi oleh tim Pusat Penelitian HIV AIDS UNIKA Atma Jaya

Hadiah

Pemenang akan mendapatkan hadiah kompensasi berupa uang tunai dan kenang-kenangan (merchandise) dari Pusat Penelitian HIV AIDS UNIKA Atma Jaya. Kategori pemenang dalam Sayembara Photo Story, antara lain:

  • Juara 1 – Uang tunai sebesar Rp.500.000,- dan merchandise
  • Juara 2 – Uang tunai sebesar Rp. 300.000,- dan merchandise
  • Juara 3 – Uang tunai sebesar Rp 200.000 dan merchandise