Penelitian

Telah Hadir! Jaringan Penelitian dan Database Pengetahuan HIV AIDS Indonesia

  • By Armadina Az Zahra
  • 13 August 2020
None

Sejak pertengahan tahun 2019 silam, Pusat Penelitian HIV AIDS UNIKA Atma Jaya (PPH UAJ) dan UNAIDS Indonesia melakukan kerja sama dalam proyek pengembangan Jaringan Penelitian dan Database Pengetahuan HIV AIDS Indonesia (JPHIV). Proyek Kerjasama PPH UAJ dan UNAIDS ini bercita-cita untuk mengembangkan jaringan penelitian dan bank data (database) pengetahuan HIV AIDS di Indonesia yang diwadahi melalui platform online yang beralamat di jphiv-ina.net. Visi untuk masa mendatang, jphiv-ina.net akan menjadi situs web (website) berisi indeks (abstrak dan annotated bibliography) dari jurnal ilmiah, buku-buku, laporan penelitian, makalah kebijakan, makalah konferensi, dan data primer dari universitas, badan penelitian, lembaga pemerintahan, dan penerbit yang berkaitan dengan HIV AIDS di Indonesia.

Saat ini, situs web jphiv-ina.net telah dapat diakses dan telah berisikan indeks jurnal ilmiah penelitian HIV AIDS di Indonesia. Menariknya lagi, siapa saja dapat menjadi anggota (member) dari jphiv-ina.net. Dengan mendaftar sebagai member di jphiv-ina.net kita bisa berbagi dengan menambahkan annotated bibliography dari penelitian HIV AIDS yang kita ketahui tetapi belum tercantum di jphiv-ina.net. Untuk menjaga akurasi dan validasi dari annotated bibliography atau indeks baru yang ditambahkan oleh anggota, akan ada proses review dari tim JPHIV untuk kemudian diverifikasi sebelum diunggah dalam sistem jphiv-ina.net.

Keberadaan situs web jphiv-ina.net tentu saja menjadi angin segar bagi siapa saja yang bergelut pada isu HIV AIDS juga masyarakat umum yang memiliki ketertarikan untuk mengetahui lebih banyak informasi terkait pelbagai kajian HIV AIDS. Segera kunjungi situs web jphiv-ina.net untuk dapat mengetahui update jurnal ilmiah penelitian HIV AIDS di Indonesia.