Search
Close this search box.

Research to Practice dari Community of Practice Kesehatan Jiwa Indonesia

Tim Peneliti Kesehatan Jiwa di Puskemas berkesempatan berbagi pengalaman tentang From Research to Practice: Community of Practice Kesehatan Jiwa Indonesia.

Made Diah Negara dan Gaby Gabriela Langi berbagi pengalaman ini dalam webinar Global Mental Health Research Series 2022-23 oleh Center for Global Mental Health, London School Hygiene & Tropical Medicine, King’s College London.

Pada awal, tim peneliti menjelaskan penelitian implementasi layanan kesehatan jiwa pada tahun 2019 hingga pada pembentukan Community of Practice Kesehatan Jiwa Indonesia.

Tim peneliti menyadari kebutuhan perubahan paradigma untuk membentuk sistem kesehatan yang inklusif. Mereka menyadari kebutuh ini setelah melakukan pemetaan layanan kesehatan jiwa di Yogykarta, DKI Jakarta, Palu, dan Denpasar.

Pemetaan ini menjadi dasar penyusunan petunjuk teknis Manajemen Pelayanan Kesehatan Jiwa di Puskemas. Lalu, petunjuk teknis menjadi hasil dari kelompok kerja yang beragam dan untuk menciptakan petunjuk teknis kesehatan jiwa yang inklusif. Selanjutnya, implementasi petunjuk teknis dilaksanakan di seluruh puskesmas kecamatan di DKI Jakarta. Keberhasilan implementasi ini mendorong PPH UAJ untuk mengubah kelompok kerja sebagai cikal bakal COP Kesehatan Jiwa.

Community of Practice: Kesehatan Jiwa Indonesia adalah awal untuk mendorong layanan kesehatan jiwa yang inklusif di Indonesia. Cerita tentang From Research to Practice memberikan basis ilmiah untuk mendorong diskusi yang produktif. Melalui diskusi yang produktif, COP Kesehatan Jiwa bertujuan menciptakan iklim diskusi lintas sektor yang mampu menutup jurang antara praktisi dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Skip to content