Economic Evaluation on Expansion Strategy of Early Detection Coverage in Pregnant Women in National Action Plan for Viral Hepatitis Control 2020-2024

2020

* Dokumen dalam Bahasa Inggris

Ringkasan Eksekutif

Virus hepatitis B (VHB) merupakan ancaman kesehatan masyarakat yang dapat dicegah dengan vaksinasi dalam 12 bulan pertama kehidupan. Mayoritas kasus infeksi kronis VHB terjadi karena infeksi perinatal, bergejala awal atipikal, dan dapat berlanjut ke sirosis dekompensata dan hepatoseluler karsinoma di usia dewasa melalui perusakan hati yang progresif. Pengobatan dapat menunda keberlanjutan perjalanan penyakit dari infeksi kronis VHB, namun vaksinasi memberikan perlindungan yang bertahan lama, termasuk ancaman infeksi dari individu lain yang difasilitasi melalui perilaku berisiko. Konsekuensi kesehatan dan ekonomi yang ditimbulkan VHB sangat tinggi: diperkirakan 5%-7% penduduk Indonesia di berbagai kelompok usia terinfeksi VHB dan komplikasi VHB termasuk dalam kelompok penyakit katastropik terbesar yang ditanggung Jaminan Kesehatan Nasional.

Subdirektorat Hepatitis dan Penyakit Infeksi Saluran Pencernaan (HPISP), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, merespons situasi ini dengan merencanakan serangkaian aktivitas prioritas yang tertuang dalam Rencana Aksi Nasional Pengendalian Hepatitis Tahun 2020-2024 (RAN 2020). Target indikator telah ditetapkan untuk menghasilkan capaian cakupan deteksi ibu hamil dan vaksinasi universal serta pemberian tambahan profilaksis secara bertahap bagi ibu hamil yang memenuhi syarat. Pertanyaan seputar efektivitas dan biaya dari penerapan strategi RAN 2020, dampak terhadap anggaran program, dan keuntungan ekonomi yang dihasilkan mendapatkan porsi perhatian yang besar guna menentukan rekomendasi selanjutnya.

Didukung oleh World Health Organization, Pusat Penelitian HIV AIDS Universitas Katolik Atma Jaya bekerja sama dengan Subdirektorat HPISP untuk membuat kajian evaluasi ekonomi dari penerapan strategi RAN 2020 tersebut. Pengerjaan dimulai sejak 26-Oktober-2020 dan diselesaikan per 10-Desember-2020, dengan berbagai pembahasan termasuk dengan Komite Ahli yang terdiri dari pakar hepatologi dan ekonomi kesehatan. Laporan ini memaparkan hasil dari kajian tersebut.

Desain kajian merupakan cost-effectiveness analysis yang ditinjau dari perspektif sistem kesehatan masyarakat. Menggunakan metode pemodelan Markov dengan kondisi kesehatan yang merefleksikan perjalanan penyakit VHB, kajian memproyeksikan jumlah kasus, efektivitas, dan biaya program vaksinasi dan kesehatan lain terkait VHB yang dihasilkan kohort lahir periode 2020—2024 sampai menginjak usia 50 tahun. Kajian membandingkan dua strategi utama, yaitu 1) strategi status quo (Baseline), dengan biaya dan cakupan program yang berlaku saat ini; dan 2) strategi RAN 2020, dengan peningkatan intensitas penjangkauan dan promosi hingga dapat memaksimalkan cakupan program sampai 100% untuk penapisan ibu hamil, 95% untuk vaksinasi, dan 20% untuk profilaksis semasa kehamilan. Parameter epidemiologi dan biaya dirangkum dari publikasi yang relevan. Pengurangan 

disability-adjusted life years (DALY), atau porsi dalam satu tahun yang dipengaruhi kesakitan atau kematian karena VHB, digunakan sebagai pengukur efektivitas. Biaya dinyatakan dalam nilai rupiah tahun 2019. Tingkat diskonto 5% per tahun digunakan untuk menaksir besaran efektivitas dan biaya yang terjadi di masa depan dalam nilai yang berlaku saat ini.

Cakupan strategi RAN 2020 mencapai 24,5 juta kehamilan yang mendapatkan penapisan hepatitis B (dari 26,1 juta) dan 21,1 juta anak mendapatkan vaksinasi (dari 22,3 juta kelahiran dengan penapisan). Tingkat cakupan untuk strategi Baseline mencapai 12,8 juta kehamilan tertapiskan dan 9,9 juta anak tervaksinasi dengan besaran jumlah populasi yang sama. Proyeksi kumulatif infeksi VHB untuk periode 2020-2070 mencapai sekitar 500.000 kasus (60% kematian, 14% karsinoma hepatoseluler, 13% sirosis dekompensata, dan 13% infeksi kronis) untuk strategi RAN 2020 dan 1.800.000 kasus (52% kematian, 13% karsinoma hepatoseluler, 14% sirosis dekompensata, dan 21% infeksi kronis) untuk strategi Baseline.

Biaya per anak yang meliputi komponen program, dan perawatan dan pengobatan komplikasi VHB mencapai Rp2,4 juta dan Rp5,1 juta untuk masing-masing strategi RAN 2020 dan Baseline, sehingga terjadi penghematan sebesar Rp2,6 juta per anak dengan penerapan strategi RAN 2020. Strategi RAN 2020 juga menghasilkan pengurangan DALY per anak lebih besar (0,82 unit) dibandingkan dengan strategi Baseline (0,30 unit). Tambahan biaya strategi RAN 2020 untuk memperoleh satu unit ekstra pengurangan DALY dari yang dihasilkan strategi Baseline (selisih biaya per unit selisih pengurangan DALY) bernilai negatif, yang berarti strategi RAN 2020 dapat menghemat biaya kesehatan. Kesimpulan ini tetap bertahan dengan berbagai nilai parameter epidemiologi dan biaya yang terdapat dalam rentang yang didefinisikan, termasuk ada atau tidaknya dampak populasi dari penerapan strategi berupa penurunan tingkat prevalensi VHB.

Kebutuhan pembiayaan program strategi RAN 2020 mencapai Rp19,4 triliun (Rp16,6 triliun—Rp22,2 triliun), atau hampir dua kali lipat dari Rp9,8 triliun pembiayaan yang dibutuhkan strategi Baseline (Rp8,4 triliun—Rp11,3 triliun) dalam periode 2020— 2024. Sementara itu, biaya perawatan dan pengobatan komplikasi VHB yang ditimbulkan mencapai Rp38,4 triliun (Rp16,2 triliun—Rp64,0 triliun) dan Rp110,8 triliun (Rp63,7 triliun—Rp190,2 triliun) untuk masing-masing strategi RAN 2020 dan strategi Baseline. Besaran penghematan biaya kesehatan Rp72,4 triliun (Rp46,1 triliun—Rp135,9 triliun) dapat dihasilkan dari penerapan strategi RAN 2020.

Bila disandingkan dengan biaya program sebagai modal investasi, strategi RAN 2020 memiliki tingkat pengembalian investasi sebesar 3,7 kali lipat (2,4 kali lipat—7,3 kali lipat). Untuk tiap Rp100.000 yang terinvestasikan pada strategi RAN 2020, akan dihasilkan Rp370.000 (Rp240.000—Rp730 ribu) penghematan biaya kesehatan dalam kurun 50 tahun yang bisa direalokasikan untuk prioritas kesehatan atau bidang pembangunan lainnya.

Pandemi coronavirus disease of 2019 (COVID-19) meningkatkan kebutuhan pembiayaan program yang tidak mencapai 5% untuk belanja sarana proteksi diri dan pencegahan infeksi saat pemberian layanan dalam kurun 2020—2024. Kajian tidak berupaya menghitung besaran perubahan cakupan program sebagai imbas dari pandemi yang berpotensi menurunkan permintaan masyarakat akan vaksinasi dan penawaran layanan yang diberikan karena gejolak dalam sistem kesehatan yang terjadi untuk memprioritaskan respons penanganan COVID-19. Hal ini merupakan keterbatasan utama kajian ini di samping keterbatasan dari data yang digunakan dan fokus dampak program yang tidak mencakup populasi di luar kohort lahir.

Sebagai kesimpulan, penerapan strategi RAN 2020 merupakan pilihan kebijakan yang efisien dan berimplikasi pada penghematan biaya kesehatan. Investasi dalam pembiayaan strategi ini akan menghasilkan tingkat pengembalian yang positif dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Pengelola program dan pembuat kebijakan perlu memperhatikan aspek-aspek berikut untuk menjamin keberhasilan strategi RAN 2020 bila pilihan kebijakan ini yang akan ditempuh:

  • Advokasi anggaran untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan implementasi strategi, dengan memanfaatkan ruang fiskal yang tersedia di pemerintahan pusat dan daerah;
  • Promosi gencar di masyarakat untuk meningkatkan permintaan akan vaksinasi VHB;
  • Kesiapan rantai logistik yang memadai dari titik perolehan sampai pemberian layanan untuk menjaga vaksin, obat profilaksis, alat diagnostik, dan sarana pendukungnya tersedia dalam jumlah yang mencukupi dan daya efikasi yang terjaga;
  • Ekuitas akses agar tiap anggota masyarakat mendapatkan layanan vaksin VHB dengan kemudahan yang sama untuk semua lingkup geografis; dan
  • Informasi lebih lanjut mengenai imbas pandemi COVID-19 terhadap performa program yang diperoleh melalui penelitian lanjutan guna perencanaan respons untuk memulihkan performa hingga mencapai sasaran implementasi.

Hepatitis B virus (HBV) is a public health threat that can be prevented by vaccination in the first 12 months of life. Most chronic HBV infection cases occur due to perinatal infections, atypical early symptoms, and can proceed to decompensated cirrhosis and hepatocellular carcinoma in adulthood through progressive liver destruction. Treatment may delay the sustainability of the disease’s course from chronic HBV infection, but vaccination provides lasting protection, including infection threat from other individuals facilitated through risky behaviors. Health and economic consequences of HBV are very high: an estimated 5%—7% of Indonesians in various age groups are infected with HBV and HBV complications fall into the largest group of catastrophic diseases covered by National Health Insurance (Jaminan Kesehatan Nasional).

Sub-directorate of Hepatitis and Gastro Intestinal Tract Infection Diseases (Hepatitis and GITID Sub-directorate) of the Indonesia Ministry of Health, responded to this situation by planning a series of priority activities contained in the National Action Plan for Viral Hepatitis Control 2020-2024 (NAP 2020). Indicator target has been set to achieve coverage for detection of pregnant women and vaccinations to the universal level as well as gradual provision of additional prophylaxis for eligible pregnant women. Questions about effectiveness and cost of the NAP 2020 strategy implementation, impact on the program budget, and economic benefits generated get a large portion of attention to determine the next recommendations.

Supported by World Health Organization, AIDS Research Center of Atma Jaya Catholic University Jakarta collaborated with Hepatitis and GITID Sub-directorate to conduct an economic evaluation study from the NAP 2020 strategy implementation. The work began from 26-October-2020 and was completed as of 10-December-2020, with various discussions including with the Expert Committee consisting of hepatologists and health economists. This report presents the results of the study.

The study design is a cost-effectiveness analysis that is reviewed from the perspective of public health system. Using Markov modeling method with health conditions that reflect the course of HBV disease, the study projected number of cases, effectiveness, and cost of vaccination and other health programs related to HBV resulting from the cohort born in the period 2020-2024 until the age of 50 years. The study compared two main strategies, that is the status quo (Baseline) strategy, with the current cost and scope of the program, and the NAP 2020 strategy, with increased outreach and promotion intensity to maximize program coverage by up to 100% for pregnant women screening, 95% for vaccination, and 20% for prophylaxis during pregnancy. Epidemiological parameters and costs are summarized from relevant publications. A reduction in disability-adjusted life years (DALY), or a one-year portion affected by pain or death due to HBV, is used as a measure of effectiveness. Fee is stated in rupiah in 2019. A discount rate of 5% per year is used to estimate the amount of effectiveness and costs that occur in the future in current value.

The coverage of the NAP 2020 strategy reached 24.5 million pregnancies that received hepatitis B screening (out of 26.1 million) and 21.1 million children were vaccinated (out of 22.3 million births with screening). Coverage levels for the Baseline strategy reached 12.8 million screened pregnancies and 9.9 million vaccinated children of the same population. Cumulative projections of HBV infections for the period 2020-2070 reach approximately 500,000 cases (60% deaths, 14% hepatocellular carcinoma, 13% decompensated cirrhosis, and 13% chronic infection) for NAP 2020 strategy and 1,800,000 cases (52% death, 13% hepatocellular carcinoma, 14% decompensated cirrhosis, and 21% chronic infection) for Baseline strategy.

Cost per child includes program components and care and treatment of HBV complications that reached Rp2.4 million and Rp5.1 million for each NAP 2020 and Baseline strategy, resulting in savings of Rp2.6 million per child with the NAP 2020 strategy implementation. The NAP 2020 strategy also resulted in a larger reduction in DALY per child (0.82 units) compared to the Baseline strategy (0.30 units). Additional cost of the NAP 2020 strategy to obtain one extra unit of DALY reduction from the resulting Baseline strategy (difference in cost per unit difference of DALY reduction) is negative, which means the NAP 2020 strategy can save on health costs. This conclusion persists with various values of epidemiological parameters and costs contained in the defined range, including whether or not there is a population impact from the strategy implementation in the form of decreasing prevalence rate of HBV.

The financing needs of the NAP 2020 strategy program reached Rp19.4 trillion (Rp16.6 trillion—Rp22.2 trillion), or almost double the Rp9.8 trillion of financing required by the Baseline strategy (Rp8.4 trillion—Rp11.3 trillion) in the period 2020—2024. Meanwhile, the cost of care and treatment of HBV complications reached Rp38.4 trillion (Rp16.2 trillion—Rp64.0 trillion) and Rp110.8 trillion (Rp63.7 trillion—Rp190.2 trillion) for each NAP 2020 strategy and Baseline strategy. The amount of health cost savings of Rp72.4 trillion (Rp46.1 trillion—Rp135.9 trillion) can be generated from the NAP 2020 strategy implementation.

When paired with program costs as investment capital, NAP 2020 strategy has a return on investment of 3.7 times (2.4 times—7.3 times). For every Rp100,000 invested in NAP 2020 strategy, Rp370,000 will be generated (Rp240,000-Rp730,000) of health cost savings within 50 years that can be reallocated for health priorities or other development areas.

The coronavirus disease of 2019 (COVID-19) pandemic increases the program financing needs that do not reach 5% for spending on personal protection and infection prevention facilities during service delivery in the period of 2020—2024. The study does not attempt to calculate the amount of program coverage changes as an impact of the pandemic that has potential to reduce people’s demand for vaccinations and offer of services provided due to turmoil in health system that occurs to prioritize the response to handling COVID-19. This is a key limitation of this study in addition to the limitations of the data used and the focus of program impacts that do not cover populations outside the birth cohort.

In conclusion, the NAP 2020 strategy implementation is an efficient policy choice and has implications for health cost savings. Investment in financing this strategy will generate a positive rate of return and improve the degree of public health in Indonesia. Program managers and policy makers need to pay attention to the following aspects to ensure the success of the NAP 2020 strategy when these policy options are to be taken:

  • Budget advocacy to meet the financing needs of the strategy implementation, by utilizing the fiscal space available in central and local government.
  • Promotion in the community to increase demand for HBV vaccination.
  • Adequate logistics chain readiness from point of acquisition to service delivery to keep vaccines, prophylactic drugs, diagnostic tools, and supporting facilities available in sufficient quantities and maintained efficacy.
  • Access equity so that each member of the community gets HBV vaccine services with the same ease for all geographical scopes; and
  • More information about the impact of the COVID-19 pandemic on program performance which is obtained through advanced research for planning responses to restore performance to achieve implementation goals.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download

Economic Evaluation on Expansion Strategy of Early Detection Coverage in Pregnant Women in National Action Plan for Viral Hepatitis Control 2020-2024

Skip to content