Penelitian / Laporan Penelitian

Evaluasi Implementasi Kebijakan Layanan Keswa di Puskesmas

  • by PPH UAJ
  • 07 September 2020

Isu permasalahan kesehatan jiwa (keswa) masih kurang menjadi keutamaan program pemerintah Indonesia. Hal ini tercermin dengan tidak diikutsertakannya penanganan masalah kesehatan jiwa sebagai salah satu capaian RPJMN 2015-2019. Padahal data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 dan 2018 menunjukkan bahwa permasalahan keswa di Indonesia menjadi temuan yang perlu ditindaklanjuti. Penanganan masalah kesehatan jiwa sendiri idealnya mudah diakses oleh masyarakat dari berbagai tingkatan usia dan status sosial ekonomi. Untuk itu kualitas dan aksesibilitas layanan keswa di fasilitas kesehatan primer, yakni puskesmas menjadi penting untuk diperhatikan. Sudah ada pula beberapa studi yang mengkaji tentang aspek-aspek penting dalam layanan keswa di tingkat primer. Aspek-aspek tersebut diantaranya: ketenagaan, pembiayaan, penyelenggaraan layanan, peran masyarakat, pasien, atau kelompok pasien, obat dan alat kesehatan, atau pada kajian regulasi. Akan tetapi, pengkajian yang disajikan baru dilakukan secara parsial atau per satu aspek saja. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat untuk menyajikan keterkaitan aspek-aspek tersebut secara komprehensif dalam perspektif sistem kesehatan.

Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan kinerja penyelenggaraan layanan kesehatan jiwa (keswa) di puskesmas secara komprehensif berdasarkan komponen dalam kerangka konsep six building blocks World Health Organization (WHO), yaitu pemberian layanan keswa, tata kelola, sumber daya manusia (SDM), pembiayaan, obat- obatan, dan sistem informasi kesehatan; 2) mengidentifikasi bagaimana kelima komponen lainnya mempengaruhi pemberian layanan keswa kepada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan orang dengan masalah kejiwaan (ODMK). Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan rekomendasi sebagai upaya penguatan layanan keswa di puskesmas agar penyelenggaraan layanan keswa berlangsung komprehensif, terpadu, dan berkesinambungan sesuai amanah dari Undang-undang Keswa No. 18/2014.

Selengkapnya silakan unduh laporan hasil penelitian ini!

Silakan pilih (klik) simbol unduh (download) pada bagian bawah artikel ini untuk mendapatkan materi. Isi formulir pengunduhan dan file akan terunduh SECARA OTOMATIS.