Peningkatan Kapasitas

Pertemuan Nasional Jaringan Penelitian HIV Indonesia 2021

  • By PPH UAJ , FikriHaidar
  • 04 January 2022
Foto. Dok Kegiatan

Sejak tahun 2019, PUI-PT PPH Pusat Unggulan Kebijakan Kesehatan dan Inovasi Sosial, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (PUI-PT PPH PUK2IS UAJ) dan UNAIDS Indonesia melakukan kerja sama dalam proyek pengembangan Jaringan Penelitian dan Database Pengetahuan HIV AIDS Indonesia (JPHIV). Kini, JPHIV kembali dengan Pertemuan Nasional (Pernas) pertama untuk memperingati Hari AIDS Sedunia, 1 Desember 2021. Membawa tema Akhiri AIDS: Cegah HIV, Akses untuk Semua, Pernas JPHIV diadakan selama 2 hari pada tanggal 15-16 Desember 2021 secara daring. Pernas JPHIV mengundang peneliti dari berbagai universitas di Indonesia dan internasional, komunitas dan organisasi lapangan seperti Yayasan Spiritia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dan UNAIDS Indonesia untuk membicarakan penelitian dan program HIV dan AIDS terkini pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Secara menyeluruh, Pernas JPHIV mengangkat 9 tema sebagai fokus diskusi. Peneliti, komunitas, dan pembuat kebijakan berdiskusi dan mendengarkan masukan dari para peserta yang merupakan orang dengan HIV, pendamping orang dengan HIV, mahasiswa dan peneliti muda, serta masyarakat umum.

Sembilan tema diskusi Pernas JPHIV yaitu:

  1. Adaptasi penjangkauan populasi kunci HIV pada di lingkungan yang rentan terhadap penularan COVID-19.
  2. Dampak Covid-19 terhadap akses untuk tes HIV dan layanan IMS.
  3. Inovasi layanan HIV untuk merespons situasi darurat pandemi Covid-19.
  4. Dampak prioritas layanan Covid-19 pada layanan HIV di Puskesmas dan Rumah Sakit.
  5. Kepatuhan pengobatan antiretroviral selama pandemi COVID-19.
  6. Komorbiditas dan kesehatan jiwa pada Orang Dengan HIV dan populasi kunci.
  7. COVID-19 dan Anak-anak yang Hidup dengan HIV.
  8. Hambatan dalam penelitian HIV selama Pandemi Covid-19.
  9. Arah dan situasi penelitian HIV di masa depan.

Pernas JPHIV juga memberikan kesempatan kepada peneliti dan pelaksana program HIV dan AIDS di Indonesia dari berbagai latar belakang untuk mengirimkan tulisan mereka. Sebanyak 28 tulisan diterima dengan tiga tema utama; pengobatan dan perawatan, promosi pencegahan dan advokasi, dan pengalaman program. Sebanyak 19 peserta melakukan presentasi pada sesi breakout room dan 9 tulisan ditampilkan di situs resmi Pernas JPHIV 2021.

Pertemuan Nasional Jaringan Penelitian HIV Indonesia 2021 diinisiasi oleh PUI-PT PPH PUK2IS UAJ dan UNAIDS Indonesia dengan bantuan dari USAID dan PEPFAR. Tonton keseluruhan acara Pernas JPHIV 2021 di YouTube PPH UAJ.